adeesign on twitter

Ajak Istri Melek Investasi Reksa Dana

Ajak Istri Melek Investasi Reksa Dana – Berlokasi di Kopi Bangi Surabaya, tanggal 28 Juli 2018 kemarin saya bisa hadirkan istri untuk ikut dalam memahami investasi. Maklum, istri saya begitu antusias untuk berinvestasi. Namun, seringkali kebingungan karena takut adanya investasi bodong.

Baru-baru ini ada keluarga yang harus kehilangan uang belasan juta rupiah karena orang yang mengajak investasi meninggal dunia. Tak hanya keluarga, beberapa tetangga pun akhirnya terkena dampak buruk investasi ini. Soalnya hampir semua ikut arisan investasi dengan iming-iming high return padahal hanya berinvestasi sekian rupiah.

Kali ini istri saya belajar tentang investasi Reksa Dana dari Manulife, pihak yang kebetulan mengadakan pelatihan pada ibu-ibu dengan profesi yang sama dengan istri, yaitu blogger.

Pengertian Investasi Reksa Dana

Sebelum ikut seminar dan pelatihan tersebut, istri saya sudah bertanya-tanya apa itu investasi Reksa Dana. Segala macam artikel dibaca tetapi tetap saja masih belum nyantol di kepalanya. Makanya di pelatihan tersebut saya mengingatkannya untuk lebih banyak fokus. Soal anak, saya yang jaga.

Dan investasi reksa dana itu adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada program instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset yang disebut sebagai Manajer Investasi.

Karena kali ini mengikuti pelatihan dari Manulife, maka peraturan Reksa Dana Manulife yang kemudian harus diketahui dengan seksama.

Reksa Dana Pasar Uang

Dari pelatihan tersebut, pihak Manulife menyebutkan beberapa jenis investasi Reksa Dana. Istri saya sudah bolak-balik WA bahkan bicara langsung kalau pelatihan Manulife ini sedikit memberikan pencerahan di pikirannya. Maklum saja istri saya sudah takut duluan sih. Karena khawatir akan ditelpon sana-sini. Persis saat saya mengajukan kartu kredit ke bank, istri sudah pucat karena seperti menjawab pertanyaan dari polisi saja katanya, haha.

Begitulah kalau orang panikan, apa-apa dibawa ke pikiran…

Balik ke Investasi Reksa Dana Manulife…

Pak Legowo selaku Presiden Direktur Manajemen Aset di Manulife pun kemudian menjelaskan terlebih dahulu tentang manfaat investasi Reksa Dana itu sendiri, yaitu:

  • Fleksibel, banyak pilihan produk sesuai kebutuhan investasi
  • Likuid, bisa dicairkan kapan saja
  • Aman, asalkan terdaftar dan diawasi OJK
  • Bebas Pajak, hasil investasi tidak kena potongan pajak
  • Terjangkau, bisa mulai dari angka 10 ribu

Mengapa Harus Reksa Dana Pasar Uang

Yang namanya melakukan sesuatu, pasti awalnya dimulai secara perlahan-lahan. Begitupun dengan investasi Reksa Dana. Istri saya pun sangat setuju dengan penjelasan Pak Legowo yang mengatakan bahwa investasi tersebut analoginya sama dengan orang berenang.

Awalnya pasti akan melakukan kepakan kaki dan tangan di bagian pinggir kolam. Ketika sudah mahir, baru kemudian mengambil langkah sedikit demi sedikit ke bagian tengah kolam dengan resiko yang lebih tinggi pastinya.

Reksa Dana Pasar Uang ini sendiri adalah jenis investasi yang low risk low return. Sebagai investor pemula di dunia reksa dana, tidak mengapa mengambil nominal kecil dulu. Jika sudah memahami dengan baik di kemudian hari, barulah kemudian bisa mengambil jenis investasi di atas Reksa Dana Pasar Uang.

Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa keuntungan bagi pemula ketika mencoba terjun pada investasi Reksa Dana Pasar Uang:

  • Stabil, bagi pemula seperti istri saya yang suka deg-degan akan aman bermain investasi
  • Tolok ukur deposito selama 1 tahun
  • Bisa beli dan cair kapan saja
  • Minimal Invesasti cukup 10 ribu sehingga uang bulanan istri yang harus ada alokasi untuk traveling tipis-tipis tidak terganggu

Info Menulis Lomba Blog

Sebelum mengakhiri postingan ini, di acara Manulife juga ada sesi informasi bagaimana menulis lomba blog supaya bisa menang seperti Ibu Yuni. Intinya adalah:

  • Mood
  • Niat
  • Observasi
  • Berdoa

Jika langkah diatas sudah dilakukan dengan maksimal, pasti hasilnya pun akan optimal. Jika kemudian belum menang juga yaa ku artine durung wayahe rezeki menang’e tekan… Smeoga istri saya memahami dengan baik ya, haha… 

***

Sampai ketemu lagi di pelatihan Manulife yang kedua. Karena ini adalah yang pertama dari empat pertemuan pelatihan lho…