adeesign on twitter

Brush Untuk Adobe Photoshop

Bagi anda yang masih dalam tahap pengenalan dan belajar software Adobe Photoshop mungkin masih bingung untuk penggunaan beberapa tool pada software pengolah gambar berbasis bitmap ini. Karena pada Adobe Photoshop memang terdapat banyak sekali tool yang memang disediakan untuk mengedit foto dan gambar berbasis bitmap atau image. Diantara tool pada Photoshop tersebut juga ada tool brush yang akan kita bahas untuk artikel kali ini.

Pada buku panduan belajar untuk Adobe Photoshop dan beberapa web yang memuat artikel tentang penggunaan brush tertulis untuk membuat coretan kuas atau digunakan untuk melukis image dengan goresan kuas. Hal ini mungkin memang disesuaikan dengan Brush default dari Photoshop yang memang hanya terdapat model bulat dengan model warna solid atau dengan yang bagian pinggirnya agak blur. Padahal dengan tool Brush ini kita juga bisa membuat bermacam-macam model desain. Tentunya anda harus install dulu tool brush tambahan anda.

Dengan tool brush yang sudah kita tambahkan pada software Adobe Photoshop, kita bisa membuat gambar yang rumit sekalipun hanya dengan sekali klik dan gambar yang sesuai dengan keinginan kita sudah jadi. Tetapi tentunya yang masih sesuai dengan propertis dari brush tersebut. Karena untuk masing-masing jenis brush mempunyai propertis dengan jumlah yang tidak sama. Bagi anda yang menginginkan tool brush tersebut bisa anda cari di Google, banyak web penyedia brush yang memberikan gratis untuk anda. Tetapi bagi anda yang sedang malas untuk berburu brush di Google anda bisa melihat beberapa brush yang saya sertakan dalam artikel kali ini, dan mungkin saja berguna bagi anda. File brush untuk Adobe Photoshop berikut ini terdiri sekitar 10 buah dan beragam fungsinya, untuk keterangannya lihat dibawah :

  • Border Brush : Yang bisa kita manfaatkan untuk membuat border pada Undangan, Yasin, dan beberapa kartu ucapan yang lain.
  • Broken Wall Brush : Bisa kita manfaatkan untuk membuat tembok yang rusak dan kelihatan retak-retak.
  • Circle Brushes : Berupa gambar bulat-bulat gradasi dari yang terkecil sampai yang besar.
  • Cloud Brushes : Brush yang membentuk berupa awan yang bisa dimanfaatkan apabila anda ingin menggambar pemandangan dan awan tersebut sebagai backgroundnya.
  • Digea Film Brush : Bisa dimanfaatkan untuk memberi efek pada foto anda agar foto anda tampak masih berada pada klise
  • Floral Frame Brush : Bisa digunakan untuk membuat floral ornament pada Photoshop.
  • Flowing Curves Brush : Digunakan untuk membentuk berupa garis-garis abstrak.
  • Paper Brush : Bisa digunakan untuk membuat gambar kertas dengan kertas yang tampak sudah kuno.
  • Vector Brushes : Bagi anda yang suka dengan gambar vector dan ingin membuatnya di Photoshop.(tapi jadinya tetap bitmap).
  • Wood Brushes : Bisa digunakan untuk membuat gambar berupa serat-serat kayu.

Untuk lebih jelasnya hasil dari tool brush yang sudah saya sebut diatas anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :

 Brush Untuk Adobe Photoshop

Contoh Brush

Silahkan mencari di google untuk link downloadnya banyak blog yang menyediakan link download gratis.